SWIP FOTONYA --> FOLLOW MY IG --> @jefred_capucino

SYARAT PERPANJANG SIM A & SIM C 2017 DI MOBIL SIM KELILING MEDAN


FREDY.ID - PERPANJANG SIM DI MEDAN TAHUN 2017 , SIM KELILING adalah salah satu option yang tujuannya mempermudah masyarakat untuk memperpanjang SIM yang durasinya 5 tahun sekali. Di weblog fredy.id ini saya akan langsung saja membahas syarat & prosedur cara perpanjang SIM A & C lewat layanan SIM KELILING.

Kali ini saya ambil contoh langsung pengalaman pribadi saya hari ini mengurus SIM A & SIM C saya. Masih banyak orang yang tidak mengetahui informasi terbaru yang uda dikeluarkan oleh SATPAS POLRESTABES MEDAN


Harga perpanjangan SIM DI MEDAN :

SIM A Rp 80.000,- &
SIM C / C1 / C2 Rp 75.000,-
Berdasarkan jenis dan tarif PNBP
PP RI NOMOR 60 TAHUN 2016

Langsung saja syarat perpanjang SIM di kota Medan tercinta ini :

1. SIM ASLI ANDA

2. FOTOKOPI KTP

3. SURAT KESEHATAN


Dan berikut adalah pembahasan mengenai poin 1 2 dan 3 di atas.

1. SIM ASLI ANDA harus diserahkan bersama dengan fotokopi KTP & surat kesehatan. Disana sudah akan disediakan penjepit kertas jadi uda ga perlu disediakan.


2. Jika anda memperpanjang hanya SIM A maka fotokopi yang diperlukan hanyalah 1 lembar fotokopi ktp. Jika anda memperpanjang SIM A & SIM C maka sediakanlah 2 lembar fotokopi KTP. Jadi anda memiliki 2 berkas poin 1 yang sudah saya jelaskan di atas.



3. Surat kesehatan sudah tersedia disana sewaktu mobil SIM KELILING MEDAN tiba di lokasi maka akan ada suster yang ditempatkan di luar namun hanya untuk durasi satu jam saja untuk mengisi surat kesehatan. Harga yang dikenakan adalah sebesar Rp 30.000,- / type SIM (Rp 35.000,- untuk 2 lembar surat kesehatan untuk SIM A & SIM C) dan saya sangat menyarankan anda langsung di tempat memprosesnya karena jika anda mengambil surat kesehatan di klinik lain maka ada peluang 30% pada saat proses perpanjangan SIM anda akan ditolak dengan alasan tertentu dan diarahkan ke pusat SATLANTAS POLESTRA MEDAN Jl. Adinegoro. Percayalah, sudah banyak yang saya lihat di lokasi yang sudah menyerahkan berkas dan menunggu berjam-jam tapi akhirnya pas giliran malah ditolak. Jika di klinik lain mungkin hanya Rp 10.000,- harga sepucuk surat kesehatan, tapi ya sudahlah, cari aman saja bro sis.

Nb. Yang tidak kebagian surat kesehatan dari susternya, coba ketuk pintu mobil & meminta kepada petugas.

Apa saja hal penting yang perlu anda PERHATIKAN!!! Di dalam mengantri ^_^

Yang saya maksud adalah agar anda tidak di-PHP loh sampai berhari-hari, ini saya kasih ulasannya dan triknya. Cara pakai nya tergantung anda.

Jam berapa sebaiknya anda di lokasi dan siapa saja yang berhak mengikuti antrian perpanjangan SIM ?

Jam kerja mobil SIM KELILING Medan adalah dari pukul 08.00 s/d 14.00

Namun kenyataanya dari yang saya lihat rata-rata waktu tibanya mobil adalah pukul 09.00 s/d 10.00 WIB.

======================
Fakta yang gak terpungkiri adalah setiap harinya dalam durasi rata-rata 5 jam kerja, jumlah orang yang bisa diproses oleh mobil SIM KELILING MEDAN adalah rata-rata 40 s/d 50 orang per harinya.
======================

Question & Answer :

1. Sudah tahu kalau perpanjangan SIM hanya bisa dilakukan 14 hari sebelum masa berlaku SIM anda habis?


Contoh : Hari ini tanggal 6 september. Tadi di antrian ada yang masa berlaku SIM nya habis tanggal 21 september. Maka bila diberlakukan hitungan 14 hari di atas terjadinya 6 + 14 = 20. Pada hari ini 6 september hanya orang-orang yang memiliki batas habis berlaku SIM sampai dengan pada tanggal 20 september yang diperbolehkan untuk mengantri dan memperpanjang SIM mereka. Karena dari tinjauan di lapangan orang yang tadi datang memiliki SIM yang masa berlakunya habis pada 21 September dipersilahkan pulang dan kembali lagi esok agar valid bisa mengantri. Kini anda sudah tahu kan?

2. Jadi jika anda datang hari ini mungkin besok anda baru bisa memprosesnya. Kenapa bisa begitu?

Karena di aturan terbaru anda wajib memiliki surat kesehatan. Jika anda masih dalam proses mengambil surat kesehatan dari suster maka anda akan ketinggalan dan didahului oleh orang yang sudah mengambil surat kesehatan dari kemarin hari. Jadi orang-orang yang anda lihat hari ini adalah orang yang kemarin tidak sempat menyerahkan berkas atau sudah telat datangnya di lokasi. Jadi bila anda tidak bisa hadir di jam 9 maka harapan anda adalah mengambil surat kesehatan & datanglah lagi besok. Jangan buang waktu anda menunggu kecuali anda ingin ikut jalur belakang. Baca mengenai jalur belakang di akhir tulisan saya.


3. Kenapa dalam 1 hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 2 siang hanya bisa terselesaikan 50 orang??

Ya, dikarenakan faktor habis atau tidak tersedianya material bahan SIM atau yang kita kenal blanko. Poster pengumuman ini bisa kita lihat pada mobil SIM KELILING MEDAN tampak pada foto yang saya ambil

Jika dulu proses 5 menit selesai sekarang rata-rata per orang butuh 8-10 menit dikarenakan ada tambahan waktu di dalam pencetakan resi sementara sebagai pengganti SIM anda.


Ini adalah contoh SIM A & SIM C sementara saya. Besar banget!!! Jangan heran dalam 3 bulan ke depan anda akan melihat kemana-mana orang bakalan bawa dompet & tas selempang untuk taruh SIM jumbo ini.

4. Kapan SIM asli bisa diambil?

Dari informasi yang saya kumpulkan, di akhir bulan Oktober atau pertengahan bulan November 2017 barulah SIM bisa diambil.
Sewaktu proses pembuatan foto & dilengkapi pengisian data oleh petugas, anda akan ditanyakan nomor hp. Dari sinilah anda akan diinfokan bila nantinya SIM sudah bisa diambil gak nya.

==========================

Apa yang dimaksud dengan jalur belakang?

Dari pengalaman saya. Tadi saya tiba di lokasi pada pukul 9 pagi dan faktanya saya belum memiliki surat kesehatan. Maka dipastikan saya tidak termasuk pada daftar antrian SESI 1 yang notabene orang-orang yang duluan mengumpulkan berkas kepada petugas.

Faktanya lagi , saya menunggu terbukanya sesi ke 2 dengan berkas sudah lengkap hingga pukul 13.30 dan tiba-tiba diumumkam oleh petugas kalau hari ini waktunya tidak sempat lagi karena sebelum jam 2 lewat mereka bisa dikenakan denda bila telat menyetor uang proses pengurusan SIM ke Bank.

Jadi apa yang saya lakukan?

Jika anda merasa tidak bisa menunggu lagi. Carilah orang yang bisa membantu anda "menyelipkan berkas" soal biaya berapa itu urusan anda. Saya tidak bisa memberikan patokan harga.

Carilah orang yang biasa tiap hari berada di tempat itu. Ya jangan langsung petugas!!! Nampak kali mau nyogok nya. Main cantik saja. Saya mencari "juru parkir kendaraan" yang tiap hari bertugas disana. Kasihlah sedikit uang kopi dan berkas anda secara cantik akan masuk ke dalam. Ada juga yang tadi nyelip berkas lewat suster yang menulis surat kesehatan tadi.

Main perasaan juga ya guys. Tunggulah antrian sesi 1 berakhir. Jaga perasaan orang-orang sesi 1 yang udah nungguin sampai 5 jam!!! Jadi ketika petugas mengumumkan sesi 2 tidak sempat dilanjutkan lagi dan diminta bubar baik-baik maka selanjutnya giliran anda karena berkas anda sudah jelas berada di dalam mobil SIM KELILING MEDAN.

Cara belakang ini bisa anda pakai bila anda merasa "malas" besok harus antrian lagi menjadi sesi 1 yang mungkin bisa memakan waktu anda 2 s/d 5 jam.

Cara lain ada gak? Ada.. ya lewat calo!!! Nampak koq tadi ada yang baru datang ga sampai menunggu 10 menit namanya langsung dipanggil petugas.. jepret foto dan selesai.. kluar dengan bahagia.

Saya tadi tidak sungkan menanyakan karena orang ini bisa dibilang jalur VIP. Di dalam petugasnya udah kenal sama orang ini dan yang benar saja!!! 10 menit doank.. saya nunggu harus 5 jam. Dan biaya calonya untuk 1 SIM A adalah lebih kurang senilai Rp 300.000,- yang dia setorkan sehari sebelumnya dan pada hari ini dia tinggal datang doank karena pihak calo sudah menyelipkan berkasnya di awal mobil SIM kelilingnya tiba.

Saya tidak tahu tindakan saya salah atau gak dan saya juga tidak mencari pembelaan dikarenakan selipnya berkas saya ke dalam itu adalah secara baik-baik yakni tidak memotong antrian yang sesi 1 dan juga saya hadir dari jam 8.30 pagi!!!

Dan setibanya saya di dalam mobil SIM KELILING, saya mendapat penjelasan yang mengejutkan!!!

Betapa tidak!!! Ini adalah yang ke-2 kalinya saya memperpanjang SIM sejak 2007. Dan petugas mengatakan data saya tidak terdaftar pada sistem komputer ini !!!

Whatttttt theeeee !!!!!!!

Namun saya belum sempat membalas ucapannya, langsung sudah ditawarkan

"Tetapi tenang saja, kita bisa bantuin. Asal $$$"

Begitulah, pada akhirnya saya memperpanjang SIM A & SIM C yang harusnya senilai Rp155.000,- menjadi lebih kurang Rp250.000,- belum termasuk uang kopi juru parkir tadi yang membantu.

Apa boleh buat, Rp100.000,- ekstra saya mau keluarkan daripada saya harus menunggu 5 jam lagi besok. Syukur-syukur juga kalau besok cerah cuaca nya. Kalau hujan?

Sekian informasi saya mengenai cara memperpanjang SIM A & SIM C di layanan mobil SIM KELILING DI MEDAN PADA TAHUN 2017.




1 komentar

  1. Mantap infonya bang,numpang promo yah.......

    Ikutan Menabung Untung Dapat Gaji Yuk !
    Di PT.AJ CAR Salim Grup
    Masa tua jadi jutawan
    Dapat gaji tak terbatas
    Gaji bisa di wariskan
    Peluang Usaha/kerja sampingan
    Info WA 0882.1989.9019
    Penjelasan ==>> https://erisrisno3i.xfunnels.io

    BalasHapus